Pencegahan Covid 19 pada anak (Seri pandemik covid 19)



Dalam masa wabah seperti ini, penting bagi kita untuk menjaga buah hati kita. banyak hal yang bisa dilakukan oleh ayah bunda untuk menjauhkan si buah hati dari potensi ancaman virus COVID 19 ini.
berikut adalah tips untuk menghindari potensi infeksi virus corona pada si buah hati.

Tips bagi orang tua:
  • Bagi ayah/ bunda yang masih harus bekerja di luar rumah, apalagi yang bekerja di Zona merah dan tiap hari pulang,  usahakan tiap bekerja membawa bekal pakaian ganti. alangkah lebih baik jika sebelum sampai di rumah, ayah/bunda menyempatkan diri untuk membersihkan diri, mandi dan keramas serta ganti pakaian sebelum sampai di rumah. sehingga saat si buah hati merajuk saat tahu ayah bundanya datang. kita sudah bersih dan tidak khawatir lagi.
  • sering-seringlah cuci tangan. tidak harus pakai hand sanitizer. pakai air mengalir dan sabun sudah cukup berguna untuk memutus rantai penyebaran virus ini.
  • jika anda flu, batuk, pilek demam. batasi aktivitas dan kontak fisik dengan orang lain khususnya dengan ananda.  istirahat yang cukup, minum obat dan pakai masker supaya saat batuk / bersin, droplet (percikan ludah) tertahan di masker anda dan tidak membahayakan anak anda dan sekitar.
Tips bagi ananda:
  • Ajari cara cuci tangan yang baik dan benar langkah demi langkah
  • Ajari cara menutup mulut saat batuk atau bersin dengan menggunakan lengan atas.
  • Beri pengertian secara sederhana tentang apa yang sedang terjadi, dan kenapa mereka sementara tidak diperkenankan bersekolah, bermain di luar rumah.
  • Berikan ananda makanan yang bergizi, vitamin dan arahkan aktifitas olahraga ringan di lingkungan rumah.   
Tips Bersama Keluarga:


  • Hindari bepergian ke luar kota, manfaatkan waktu luang untuk mempererat hubungan kasih sayang dengan ananda.
  • Gunakan waktu untuk permainan edukasi bersama-sama. bercerita atau mendongeng bersama si buah hati
  • Tetap batasi buah hati anda saat berinteraksi dengan Gadjet, arahkan pada kegiatan edukatif lainnya seperti mewarnai, menggambar atau ajaklah memasak bersama.
  • ajari anak-anak tentang aktifitas harian, seperti menyapu, membersihkan tempat tidur, mencuci baju, tas atau sepatu mereka. kenalkan mereka dengan aktifitas produktif yang jarang mereka peroleh di sekolah, seperti menanam sayur, buah, menyirami tanaman di lingkungan rumah, bahkan jika kita mempunyai hewan peliharaan seperti burung, kucing atau budidaya ayam, kelinci, kita bisa ajarkan sedikit tentang tanggung jawab pada anak-anak kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencegahan Covid 19 pada anak (Seri pandemik covid 19)

Dalam masa wabah seperti ini, penting bagi kita untuk menjaga buah hati kita. banyak hal yang bisa dilakukan oleh ayah bunda untuk menjauh...